Lembar Kerja Siswa Praktikum Hukum Hooke


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Mata Pelajaran                   : Fisika
Kelas/Semester                   : XI/I
Sub Pokok Bahasan : Hukum Hooke
Alokasi Waktu                   : 30 menit

Kelompok: …………………….
Anggota:
1.     …………………………………………..
2.     …………………………………………..
3.     …………………………………………..
4.     …………………………………………..
A.     Indikator
1.       Menggunakan alat-alat percobaan dengan baik.
2.       Menyajikan data hasil percobaan.
3.       Mengolah data hasil percobaan.
4.       Mengkomunikasikan hasil percobaan.


B.     Permasalahan

Sebuah rangkai pegas seperti terlihat pada gambar di samping ditarik oleh 2 orang anak. Kedua anak tersebut menarik dengan dengan besar gaya yang berbeda. Saat pegas ditarik oleh kedua anak tersebut, pegas mengalami pertambahan panjang. Apakah yang akan terjadi pada pegas jika ditarik oleh 4 orang siswa dan jika ditarik oleh 6 orang siswa?. Prediksilah bagaimana hubungan gaya yang diberikan siswa-siswa tersebut dengan perubahan panjang pegas!

C.     Hipotesis

--- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  - - - -- - - - - - - - - - - - - - - - ---- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  - - - -- - - - - - - - - - - - -
D.     Alat dan Bahan
1.  Mistar 1 buah
2.  Pegas 2 buah
3.  Beban 3 buah
4.  Statif 1 buah
5.  Milimeter blok
E.     Langkah Kerja
1.  Pasanglah sebuah pegas spiral dan mistar pada susunan statif seperti ditunjukkan gambar di samping!
2.  Hitunglah panjang mula-mula pegas (sebelum diberi beban)!
3. Gantungkan sebuah beban di ujung pegas, kemudian amati pertambahan panjangnya!
4.  Masukkan data pengamatan dalam tabel seperti tabel berikut!


Tabel 1. Hasil Pengamatan Pegas 1
 (panjang mula-mula pegas = .... m)


Catatan:
Pertambahan panjang pegas = panjang pegas akhir – panjang pegas awal

Pertanyaan:
1.  Buatlah grafik F-x data hasil pengamatan pada milimeter blok!
2. Berdasarkan data hasil percobaan dan grafik F-x yang sudah kalian buat, bagaimanakah pengaruh gaya yang diberikan terhadap pertambahan panjang pegas?
……………………………………………………………………………………
3.  Bagaimana cara menentukan konstanta pegas? Berapa konstanta masing-masing pegas (gunakan nilai rata-rata) yang diperoleh melalui percobaan?
……………………………………………………………………………………
4. Tentukan persamaan Energi potensial pegas dengan cara mencari luas dibawah grafik F-x!
……………………………………………………………………………………

C.     Kesimpulan
…………….…………………………………………………………………..............…………………………...............................................................................................



Post a Comment

Previous Post Next Post