LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/I
Sub
Pokok Bahasan : Hukum Hooke
Alokasi
Waktu : 30 menit
Kelompok:
…………………….
Anggota:
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
4. …………………………………………..
A. Indikator
1. Menggunakan alat-alat percobaan dengan baik.
2. Menyajikan data hasil percobaan.
3.
Mengolah data hasil
percobaan.
4.
Mengkomunikasikan hasil
percobaan.
Sebuah
rangkai pegas seperti terlihat pada gambar di samping ditarik oleh
2 orang anak. Kedua anak tersebut menarik dengan dengan besar gaya
yang berbeda. Saat pegas ditarik oleh kedua anak tersebut,
pegas mengalami pertambahan panjang. Apakah yang akan terjadi pada pegas jika ditarik oleh 4 orang siswa dan
jika ditarik oleh 6 orang siswa?. Prediksilah bagaimana hubungan gaya
yang diberikan siswa-siswa tersebut dengan perubahan panjang pegas!
C.
Hipotesis
--- - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -- - - - - - - - - - - - - - - - ---- - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - -- - - - - - - - - - - - -
D.
Alat dan Bahan
1. Mistar
1 buah
2. Pegas
2 buah
3. Beban
3 buah
4. Statif
1 buah
5. Milimeter
blok
E.
Langkah Kerja
1. Pasanglah
sebuah pegas spiral dan mistar pada susunan statif seperti ditunjukkan gambar
di samping!
2. Hitunglah panjang mula-mula pegas (sebelum diberi beban)!
3. Gantungkan
sebuah beban di ujung pegas, kemudian amati pertambahan panjangnya!
4. Masukkan
data pengamatan dalam tabel seperti tabel berikut!
(panjang
mula-mula pegas = .... m)
Catatan:
Pertambahan panjang
pegas = panjang pegas akhir – panjang pegas awal
Pertanyaan:
1. Buatlah
grafik F-x data hasil pengamatan
pada milimeter blok!
2. Berdasarkan
data hasil percobaan dan grafik F-x
yang sudah kalian buat, bagaimanakah pengaruh gaya yang
diberikan terhadap pertambahan
panjang pegas?
……………………………………………………………………………………
3.
Bagaimana
cara menentukan konstanta pegas? Berapa konstanta masing-masing pegas (gunakan
nilai rata-rata) yang diperoleh melalui percobaan?
……………………………………………………………………………………
4. Tentukan
persamaan Energi potensial pegas dengan cara
mencari luas dibawah grafik
F-x!
……………………………………………………………………………………
C.
Kesimpulan
…………….…………………………………………………………………..............…………………………...............................................................................................
Post a Comment