Penerapan Efek fotolistrik dalam kehidupan sehari-hari


Efek fotolistrik adalah fenomena yang terjadi ketika cahaya menyinari ke permukaan logam yang menyebabkan keluarnya elektron dari logam tersebut dan akan menghasilkan arus listrik jika disambung ke rangkaian tertutup. Ini merupakan suatu temuan dimana pada masa itu Heinrich Rudolf Hertz menemukan fenomena efek Fotolistrik yang membingungkan para Fisikawan waktu itu. Namun seiringnya waktu, fenomena itu dapat di jawab oleh seorang Fisikawan Einstein.

Penerapan Efek fotolistrik dalam kehidupan sehari-hari

1. Mesin Fotocopy
Cara kerja Mesin fotocopy : lampu ekspose menghasilkan cahaya terang untuk menyinari dokumendan akan dipantulkan lewat lensa dengan sensor CCD, setelah itu lensa akan mengarahkan ke bagian silinder foto sensitive yang akan menjadikan electron-elektron muncul, toner yang bermuatan negative akan ditarik ion-ion positif yang berada pada silinder. Selanjutnya kertas akan dilewatkan melalui dua buah rol panas yang saling bertekanan yang akan melelehkan toner dan menempel erat pada kertas. Dan seterusnya drum akan berputar.


2. Kalkulator
Kalkulator menggunakan energi cahaya untuk menghasilkan listrik. Sel foto listrik mengubah energi cahaya menjadi energi listrik yang menjadi sumber energi kalkulator ini.

3. Kamera CCD( Change Coupled Device) & Pemindai kode batang (barcode)
Kamera digital dengan resolusi hingga 12 megapiksel dan Pemindai kode batang (barcode) yang memanfaatkan efek fotolistrik internal dalam mengubah citra yang dikehendaki menjadi data-data elektronik yang selanjutnya dapat diproses oleh computer. Kamera Mengubah data data dari lensa dengan proses efek fotolistrik sehingga dapat ditampilkan di monitor atau di layar ponsel Kita


4. Dubbing Film
Suara dubbing film direkam dalam bentuk sinyal optic di sepanjang pinggiran keping film. Pada saat film diputar, sinyal ini dibaca kembali melalui proses efek fotolistrik dan sinyal listriknya diperkuat dengan menggunakan ampliefier tabung sehingga menghasilkan film bersuara.


(Sumber : https://belajar.kemdikbud.go.id)

Post a Comment

Previous Post Next Post