Pengukuran dengan Jangka Sorong


 Fungsi dari jangka sorong adalah : (a) Sebagai alat pengukur diameter bagian luar dari sebuah benda, (b) Sebagai alat pengukur diameter bagian dalam dari sebuah benda, (c) Sebagai alat pengukur kedalaman sebuah benda, serta (d) Sebagai alat pengukur ketebalan sebuah benda. Adapun bagian-bagian jangka sorong dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Kelebihan dari jangka sorong diantaranya: (1) Memiliki ketelitian 0,01 cm , (2) Dapat mengukur diameter sisi luar dengan cara dijapit, (3) Dapat mengukur diameter sisi dalam dengan cara di ulur, (4) Harga murah dan terjangkau. Sedangkan kekurangan dari jangka sorong diantaranya: (1) Tidak bisa mengukur benda yang besar, (2) Bisa terjadi pemuaian pada alat, (3) Karena sensor berkontak langsung dengan benda kerja memungkinkan terjadinya goresan yang bisa menyebabkan ketidakrataan pada kedua rahang.

Cara Membaca Hasil Pengukuran Jangka Sorong. 


Hasil = Skala Utama + Skala Nonius
Hasil = 1,5 cm + 0,07 cm = 1,57 cm

Untuk Lebih jelasnya lagi kalian bisa menonton SIMULASI cara mengukur dengan jangka sorong pada Channel GURU MANTAP 45 dibawah ini. 




Tonton juga pembahasan soal-soal cara menentukan hasil pengukuran dengan jangka sorong pada Channel Fisika Ceria dibawah ini. 



Ayo latihan dengan menjawab soal dibawah ini! semangat ya. Salam GURU MANTAP 45. Fisika itu Mudah...




SOAL 1



SOAL 2



SOAL 3


SOAL 4



SOAL 5 PENGAYAAN






Cara membaca hasil pengkuran dengan menggunakan MIKROMETER SEKRUP silakan klik DISINI


Post a Comment

Previous Post Next Post