Soal Pewarisan Sifat IPA Kelas IX 6-10


Gregor Mendel. Ia mengumpulkan beberapa jenis kacang ercisPersilangan monohibrid adalah persilangan dengan satu sifat beda. ada yang menunjukkan sifat yang bersifat dominan saja atau resesif saja, jadi tidak ada sifat yang bersifat antara atau intermediet. Persilangan dihibrid ialah persilangan dengan dua sifat beda. Contohnya hasil percobaan Mendel pada biji tanaman ercis. Pada biji ercis, kamu dapat mengamati 2 sifat beda, yaitu bentuk biji dan warna biji. 





Soal Nomor 6
Seekor kucing berbulu putih (PP) resesif terhadap kucing berbulu hitam (pp). jika kedua kucing tersebut dikawinkan, maka pada F1 semuanya bergonotip ….
A.  PP
B.  Pp
C.  pp
D.  PP dan pp
Soal Nomor 7
Pada persilangan monohibrid mawar merah (MM) dan mawar putih (mm) dihasilkan jumlah keturunan 48 bunga. Jumlah bunga yang berwarna putih adalah ,,,,
A.  1
B.  3
C.  12
D.  36
Soal Nomor 8
Persilangan antara bunga berwarna merah dan harum (MMHH) dengan bunga putih tidak harum (mmhh) menghasilkan F1 dengan genotipe….
A. MMHH
B. MmHH
C. Mmhh
D. MmHh
Soal Nomor 9
Sifat bulat ditentukan oleh gen (B) dan bersifat dominan terhadap sifat kisut yang ditentukan oleh gen (b). Bila terjadi perkawinan antara BB >< bb, persentase munculnya bji kisut sebesar….
A. 100%
B. 25%
C. 75%
D. 0%
Soal Nomor 10
Persilangan antar sesama F1 menghasilkan F2 dengan perbandingan genotype MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1. Jika diketahui gen M dominan terhadap gen m, kemungkinan untuk mendapatkan individu homozigot resesif adalah ….
A. 25 %
B. 75 %
C. 50 %
D. 100 %

Silakan Klik Link di bawah ini untuk memilih nomor soal selanjutnya atau sebelumnya!
SOAL 1-5     SOAL11-15       SOAL16-20


Post a Comment

Previous Post Next Post