Soal Pewarisan Sifat IPA Kelas IX 16-20


Persilangan dihibrid ialah persilangan dengan dua sifat beda. Contohnya hasil percobaan Mendel pada biji tanaman ercis. Pada biji ercis, kamu dapat mengamati 2 sifat beda, yaitu bentuk biji dan warna biji. Persilangan dihibrid yaitu persilangan dengan dua sifat beda sangat berhubungan dengan hukum Mendel II yang berbunyi “independent assortment of genes”. Atau pengelompokan gen secara bebas.




SOAL 16

Persilangan antara bunga berwarna merah dan harum (MMHH) dengan bunga putih tidak harum (mmhh) menghasilkan F1 dengan genotipe....
A. MMHH                                                         
B. Mmhh                                                           
C. MmHH
D. MmHh

SOAL 17
Linaria maroccana ungu AaBb disilangkan dengan bunga yang berwarna merah AAbb. Pada keturunan F1 akan didapatkan macam-macam genotip di bawah ini, kecuali ….
A.  AABB
B.  AABb
C.   AaBb
D.   Aabb

SOAL 18
Tanaman ercis berbiji bulat dan berwarna kuning (RrYy) disilangkan dengan tanaman ercis berbiji keriput dan berwarna hijau (rryy). Dari persilangan ini akan dihasilkan persentase keturunan berbiji keriput dan berwarna kuning yaitu ….
A.  15%
B.   25%
C.   50%
D.   75%

SOAL 19
Jika kacang berbiji bulat warna kuning (BBKK) disilangkan dengan kacang berbiji keriput warna hijau (bbkk) menghasilkan F1 (BbKk), dan jika sesama F1 disilangkan maka perbandingan fenotipnya adalah....
A. 9 : 3 : 9 : 1                                                    
B. 9 : 3 : 3 : 1                                                    
C. 3 : 9 : 3 : 1
D. 3 : 3 : 9 : 1

Silakan Klik Link di bawah ini untuk memilih nomor soal sebelumnya!
SOAL 1-5      6-10     SOAL11-15  


Post a Comment

Previous Post Next Post