Pengukuran dengan Mikrometer Sekrup


Mikrometer Sekrup adalah salah satu alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur panjang suatu benda dan mengukur tebal sebuah benda seperti benda lempeng baja, aluminium, diameter suatu kabel, kawat, ketebalan suatu kertas dan benda – benda yang lainnya. Sebenarnya Mikrometer Sekrup ini mempunyai kesamaan dengan alat ukur Jangka Sorong dalam menghitung suatu panjang, tebal, dan diameter sebuah benda, hanya saja tingkat ketelitian alat ukur Mikrometer lebih tinggi sepuluh kali lipat dari pada Jangka Sorong, karena Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian sebesar 0,01 cm sedangkan ketelitian alat ukur Mikrometer Sekrup mencapai 0,01 mm atau 0,001 cm, sehingga bisa disimpulkan Mikrometer Sekrup lebih baik dari pada Jangka Sorong dalam hal ketelitian. Bagian-bagian dari mikrometer sekrup dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 
Cara membaca hasil pengukuran dengan micrometer sekrup hampir dengan jangka sorong, dengan mencari skala utama dan skala nonius seperti pada gambar dibawa ini.
Dari gambar tampak bahwa skala utama = 4,5 mm dan skala nonius = 29 x 0,01 mm = 0,29 mm. Jadi hasil = Skala Utama + Skala Nonius = 4,5 + 0,29 = 4,79 mm. 

Simulasi Virtual menentukan hasil pengukuran dengan micrometer sekrup dapat kalian tonton pada video dibawah ini.


Sedangkan Pembahasan Soal-soal menentukan hasil pengukuran dengan micrometer sekrup dapat kalian tonton pada video dibawah ini.



Ayo berlatih dengan mengerjakan soal dibawah ini!  

SOAL 1


SOAL 2


SOAL 3
SOAL 4






Cara membaca hasil pengkuran dengan menggunakan JANGKA SORONG silakan klik DISINI




Post a Comment

Previous Post Next Post