Download Buku Projek IPAS untuk SMK/MAK Kelas X Kurikulum Merdeka

Buku Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) ditujukan untuk siswa kelas X jenjang SMK/MAK sebagai buku teks yang menjadi sumber belajar utama. Terdapat enam bab materi Projek IPAS yang disusun berdasarkan panduan penerapan dan pengembangan Kurikulum Merdeka.

Penerapan ciri khas Kurikulum Merdeka terlihat di setiap bab, di mana proses pembelajaran materi Projek IPAS diaplikasikan dalam pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang mengintegrasikan beberapa elemen konten/materi. Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial terdiri dari tiga elemen kompetensi yang mengacu pada kompetensi literasi saintifik, yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah, menerjemahkan data dan bukti-bukti secara ilmiah.

Mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial memiliki objek kajian berupa benda konkret yang terdapat di alam dan dikembangkan berdasarkan pengalaman empirik, yaitu pengalaman nyata yang dirasakan oleh setiap orang dan memiliki langkah-langkah sistematis serta menggunakan cara berpikir yang logis. Pembelajaran diawali dengan penyajian permasalahan konteks kehidupan seharihari yang dipandu melalui pertanyaan pemantik. Siswa diajak untuk lebih mengenal dan mendalami fenomena alam terkait dirinya dan lingkungan sekitarnya. Pemunculan fenomena yang dekat dengan kehidupan diharapkan dapat memantik siswa untuk belajar lebih bermakna sehingga mereka dapat menemukan solusi dengan kebermanfaatan yang tinggi.


Penentuan cakupan materi di setiap bab dikemas dalam sebuah tema didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan pendalaman materi yang lebih fokus pada hal esensial disesuaikan dengan aspek telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka khususnya fase E. Setiap tema memberikan siswa keleluasaan untuk membuat beragam projek serta mengeksplorasi materi lebih mendalam melalui fitur pengayaan dan mempelajari materi sains dan sosial dari sumber lain termasuk buku teks Projek IPAS pendamping yang tersedia di sekolah masing-masing. Ragam aktivitas belajar materi Sains dan Sosial yang dikemas dalam sebuah aktivitas pembuatan projek di Kelas X secara utuh diharapkan dapat menstimulasi dan memperkuat pencapaian kompetensi siswa (soft skills dan hard skills). Setelah mempelajari mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, siswa diharapkan dapat memperoleh kecakapan untuk mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah agar dapat hidup lebih nyaman, lebih sehat, dan lebih baik. 

Download Buku Projek IPAS untuk SMK/MAK Kelas X Kurikulum Merdeka :

|Download Disini|

Post a Comment

Previous Post Next Post