Download RPP Inspiratif 2019 Satu Halaman Untuk PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK


Pusat Kurikulum dan Pembelajaran merespon skeluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini dialami oleh semua pendidik? Orang yang dapat menjawab ialah pendidik itu sendiri karena pendidiklah yang mengalaminya.

Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak.Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. Tujuan pembelajaran disarika ndari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.


Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekada rmengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar-mengajar(KBM). Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, diharapkan tidakakan adalagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalama dministrasi.

 RPP inidisusun dari PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Tidak semua mata pelajaran yangdisusun, tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan. Semoga RPP ini dapat menginspirasi para pendidik sehingga mampumengembangkan RPP sendiriyang komunikatif dan memudahkan baginya.

Silakan Download RPP nya pada link dibawah ini.

Sumber: Kemdikbud

Post a Comment

Previous Post Next Post