Pembahasan Soal Rilis UN Fisika 2019


Soal UN mata pelajaran Fisika SMA/MA 2019 mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Mekanika, b) Gelombang dan Optik, c) Termodinamika, d) Listrik, Magnet, dan Fisika Modern. Berdasarkan kajian terhadap hasil analisis Ujian Nasional 2019, soal-soal pengetahuan/pemahaman seperti pada contoh soal nomor 1 maupun aplikasi (penerapan) yang dominan mengingat konsep atau menerapkan rumus untuk menentukan besaran fisis tertentu seperti pada contoh soal nomor 3, lebih mudah bagi Siswa dibandingkan dengan soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran seperti contoh soal nomor 5 dan 6.



Soal-soal dengan konteks yang sudah dikenal Siswa (familier) dan sering ditemukan dalam ujian-ujian sebelumnya atau dalam latihan di sekolah menjadi soal rutin, pada umumnya dapat dijawab benar oleh Siswa. Namun, permasalahan sederhana dalam soal dengan konteks yang sudah dikenal ketika disajikan dalam format soal yang tidak biasa, dan penyelesaiannya memerlukan prosedur yang tidak rutin (tidak biasa) ternyata menjadi sulit bagi Siswa seperti pada contoh soal nomor 6. Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal-soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah informasi yang disajikan dalam tampilan tersebut, misalnya pada contoh soal nomor 2, 4, dan 5. Siswa belum memahami konsep fisika secara terintegrasi sehingga sulit menyelesaikan permasalahan yang mengaitkan berbagai konsep fisika.

Pada pembelajaran Fisika SMA/MA, Siswa perlu dilatih keterampilan multirepresentasi, meliputi verbal (dalam bentuk kalimat), visual (gambar, bagan, diagram, tabel, grafik), simbolis (simbol, kode, lambang), dan matematis (persamaan atau formula). Keterampilan multirepresentasi tidak efektif jika hanya diajarkan, tetapi akan lebih efektif jika dilakukan dalam bentuk latihan atau penugasan. Model pembelajaran yang secara utuh melatihkan keterampilan multirepresentasi adalah model-model pembelajaran yang berbasis aktivitas, baik hands-on activities maupun minds-on activities. Pembelajaran juga harus didesain bersifat kontekstual, dengan mengaitkan berbagai konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, sehingga Siswa belajar konsep secara terpadu, saling dikaitkan antar konsep agar mampu menjelaskan fenomena kehidupan dan menyelesaikan permasalahan otentik/nyata. Inquiry, discovery, problem-based, dan project-based learning merupakan model-model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan.

Soal-soal yang digunakan dalam penilaian Fisika SMA/MA di sekolah sebaiknya tidak hanya dominan pada level pengetahuan/pemahaman dan aplikasi yang menekankan pada penggunaan rumus dan perhitungan numerik. Soal-soal dengan karakteristik tersebut hanya mengukur prosedur rutin, yang tidak mendorong tumbuhnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Soal Fisika SMA/MA harus lebih banyak mengukur kemampuan penalaran dan menggunakan konteks atau stimulus yang tidak rutin/familier. Strategi dalam mengembangkan soal penalaran adalah dengan menyajikan data dan informasi dalam bentuk tabel data, gambar, dan grafik, sehingga Siswa menginterpretasi visualisasi tersebut terlebih dahulu dan mendapatkan informasi yang cukup untuk menyelesaikan permasalahan. Sebaiknya siswa juga diberikan soal-soal yang bervariasi untuk tiap-tiap materi sehingga siswa tidak terpaku pada satu jenis soal dan prosedur penyelesaiannya. Soal Fisika SMA/MA juga perlu dirancang untuk menerapkan beberapa konsep secara terintegrasi, karena pada dasarnya aplikasi konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari tidaklah terpisah-pisah

CONTOH SOAL
Level Pengetahuan dan Pemahaman
Soal 1.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) dapat dipantulkan
(2) dapat dibiaskan
(3) dapat dipolarisasikan
(4) merambat memerlukan medium
(5) bentuk gelombang longitudinal
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri gelombang cahaya adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)

Pembahasan Jawaban:
Sifat-sifat gelombang cahaya antara lain:
1. Dapat mengalami pemantulan (refleksi);
2. Dapat bergabung dengan gelombang sejenis (interferensi);
3. Dapat mengalami pelenturan (difraksi);
4. Merupakan gelombang transversal, dimana arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya;
5. Termasuk gelombang elektromagnetik, dimana gelombang cahaya dapat merambat melalui ruang hampa udara (tidak memerlukan medium perambatan);
6. Dapat mengalami pengkutuban (polarisasi)

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Soal ini dapat dijawab benar oleh 77% siswa. Soal ini menguji pemahaman siswa terhadap sifatsifat gelombang cahaya. Sifat-sifat gelombang transversal / longitudinal / bunyi / cahaya merupakan topik yang familier dalam pembelajaran mengenai gelombang cahaya. Siswa yang tidak dapat menjawab soal ini dengan benar kemungkinan tidak memahami bahwa gelombang cahaya memiliki kemiripan sifat dengan gelombang elektromagnet dan gelombang transversal.

Soal 2.
Perhatikan gambar peristiwa tumbukan antara mobil box dan mobil sedan berikut ini!


Setelah bertumbukan kedua mobil bergerak menjadi satu dalam keadaan mobil box mendorong mobil sedan. Dari kejadian tersebut maka:
(1) Setelah tumbukan kecepatan kedua mobil itu sama besar.
(2) Jumlah momentum kedua mobil sebelum dan sesudah tumbukan tidak sama.
(3) Koefisien restitusinya = 0.p
(4) Sebelum dan sesudah tumbukan, jumlah energi kinetik kedua mobil sama besar.
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

Pembahasan:
Soal ini dapat dijawab benar oleh 28% siswa Soal ini mengukur pemahaman tentang jenis-jenis tumbukan serta perbedaan ciri-ciri antara jenis-jenis tumbukan tersebut. Kemungkinan sebagian besar siswa tidak dapat menjawab benar soal ini karena konteks tumbukan pada soal berupa kejadian yang ada di kehidupan sehari-hari, yang tidak biasa ditemui siswa dalam pembelajaran di kelas. Soal tumbukan yang biasa muncul adalah dalam konteks bola yang bertumbukan.

Pembahasan Jawaban:
Setelah bertumbukan, kedua mobil bergerak menjadi satu dalam keadaan mobil box mendorong mobil sedan merupakan prinsip dari tumbukan tidak lenting sama sekali. Berikut ini prinsip dari tumbukan tidak lenting sama sekali:
· Berlaku hukum kekekalan momentum, dimana jumlah momentum sebelum dan setelah tumbukan tetap (pernyataan 2 salah)
· Nilai koefisien restitusi nol (pernyataan 3 benar)
· Setelah tumbukan, kecepatan kedua benda yang bertumbukan memiliki besar dan arah yang sama (pernyataan 1 benar)
· Sebelum dan sesudah tumbukan, jumlah energi kinetik kedua benda tidak sama (pernyataan 4 salah)

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Soal ini dapat dijawab benar oleh 28% siswa Soal ini mengukur pemahaman tentang jenis-jenis tumbukan serta perbedaan ciri-ciri antara jenis-jenis tumbukan tersebut. Kemungkinan sebagian besar siswa tidak dapat menjawab benar soal ini karena konteks tumbukan pada soal berupa kejadian yang ada di kehidupan sehari-hari, yang tidak biasa ditemui siswa dalam pembelajaran di kelas. Soal tumbukan yang biasa muncul adalah dalam konteks bola yang bertumbukan.


Level Aplikasi
Soal 3.
Seseorang mengendarai motor dari titik P ke arah timur sejauh 16 km menuju di titik Q, kemudian berbelok ke Selatan Sejauh 6 km sampai di titik R dan akhirnya ke Barat menempuh lintasan setengah lingkaran berjari-jari 4 km berhenti di titik S.

Besar perpindahan orang tersebut adalah ....
A. 10 km
B. 16 km
C. 18 km
D. 20 km
E. 22 km
Pembahasan Jawaban:
Perpindahan adalah besarnya perubahan posisi suatu benda yang bergerak dari titik awal sampai dengan titik akhir. Nilai perpindahan dari titik P hingga titik S dapat diselesaikan dengan konsep phythagoras.













Besar perpindahan orang tersebut adalah 10 km.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan:

Soal ini dapat dijawab benar oleh 59% siswa. Soal ini menguji pemahaman siswa terhadap vektor dalam penerapan pada peristiwa sehari-hari. Sebagian siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal ini dengan benar kemungkinan besar disebabkan kurangnya pemahaman tentang perbedaan antara besaran vektor dan skalar, dalam hal ini perbedaan antara perpindahan dan jarak serta penerapan perjumlahan vektor pada gerak benda.


Soal 4.
Sebuah bola dengan massa 1 kg terletak di ujung papan dengan ketinggian 2 m kemudian didorong mendatar sehingga kecepatan pada saat lepas dari bibir papan = 2 m/s seperti pada gambar di bawah.














Pembahasan:

Soal ini dapat dijawab benar oleh 22% siswa. Soal ini mengukur aplikasi gerak parabola yang diterapkan pada konteks bola yang jatuh dari ujung papan. Sebagian besar siswa tidak dapat menjawab benar soal ini, kemungkinan karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konteks kasus pada stimulus, menginterpretasikan gambar yang diberikan, menuangkannya pada konsep gerak parabola serta kelemahan kemampuan matematika dalam menyelesaikan perhitungan. Pada soal ini siswa dituntut dapat menentukan variabel kecepatan pada sumbu X atau sumbu Y pada titik awal dan titik akhir, serta resultan kecepatan pada titik tertentu.


Level Penalaran
Soal 5.
Dua mobil A dan B bergerak lurus berubah beraturan pada lintasan dan arah yang sama ditunjukkan seperti pada grafik hubungan antara kecepatan (v) terhadap waktu (t) di bawah ini.








Jika tg α = 0,5 m/s2, maka:
(1) Pada saat t = 20 s, laju mobil A = 30 m/s dan mobil B = 40 m/s
(2) Percepatan mobil B = 2 m/s2
(3) Mobil B tidak dapat menyusul mobil A
(4) Jarak yang ditempuh mobil B pada waktu mobil A tersusul adalah 1600 m Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)














Pembahasan:

Soal ini dapat dijawab benar oleh 39% siswa. Soal ini mengukur penalaran untuk gerak lurus dua benda, yang disajikan dalam bentuk grafik hubungan antara kecepatan (v) terhadap waktu (t). Siswa perlu memahami dan mengumpulkan informasi yang cukup dari grafik tersebut untuk menganalisis pernyataan yang diberikan terkait kejadian dari dua benda yang sedang bergerak lurus tersebut, sehingga siswa dapat menjawab soal ini dengan benar. Sebagian besar siswa tidak dapat menjawab benar soal ini kemungkinan karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami stimulus dalam bentuk grafik sehingga mendapatkan informasi yang kurang tepat dari grafik tersebut, kelemahan kemampuan menerapkan rumusrumus yang digunakan dalam menyelesaikan perhitungan untuk menentukan tidak hanya satu variabel tapi dituntut dapat menentukan beberapa variabel.


Soal 6.
Sebuah ruangan kerja sebuah kantor akan dibagi menjadi dua ruangan dengan satu ruangan akan dipasang AC dan satu ruangan tidak dipasang AC dengan cara dipasang penyekat yang terbuat dari kaca dengan luas tertentu. Apabila yang diinginkan bahwa suhu di ruangan yang dipasang AC tetap terjaga, maka jenis kaca yang harus digunakan sebagai penyekat adalah ....














Pembahasan:

Soal ini dapat dijawab benar oleh 28% siswa. Soal ini mengukur penalaran untuk materi perpindahan panas. Sebagian besar siswa tidak dapat menjawab benar soal ini kemungkinan karena konteks/stimulus soal terkait konsep perpindahan panas adalah kejadian yang ada di kehidupan sehari-hari yang tidak biasa (tidak rutin) dan konsep perpindahan panas tidak terlihat secara eksplisit. Siswa perlu membaca setiap informasi yang diberikan dan dikaitkan dengan konsep yang tepat untuk menentukan strategi penyelesaian yang tepat. Soal perpindahan panas yang biasa muncul (rutin) adalah dalam konteks laju aliran kalor yang terjadi pada dua batang logam yang disambungkan.

Sumber: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Post a Comment

Previous Post Next Post