Kisi-Kisi Tes
Kompetensi Dasar (SKD) Sesuai Permenpan RB No. 23 tahun 2019
Tes Kompetensi Dasar adalah kemampuan dan
karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan
perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil Republik
Indonesia. Materi SKD meliputi:
1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai
penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: a) Nasionalisme,
dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan
tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional; b) Integritas,
dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi
kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan; c) Bela negara,
dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan
negara; d) Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui
pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika; e) Bahasa
Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa
persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
2) Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan
untuk menilai:
a) Kemampuan verbal, yang meliputi: i.
Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui
perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian
menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain; ii. Silogisme,
dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua
pernyataan yang diberikan; dan iii. Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan
individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.
b) Kemampuan numerik, yang meliputi: i.
Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana; ii. Deret angka,
dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan
angka-angka; iii. Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan
individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan iv.
Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis
kuantitatif dari informasi yang diberikan.
c) Kemampuan figural, yang meliputi: i.
Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui
perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan
konsep hubungan tersebut pada situasi lain; ii. Ketidaksamaan, dengan tujuan
mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar; iii.
Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan
dalam bentuk gambar.
3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk
menilai:
a) Pelayanan publik, dengan tujuan mampu
menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa
memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang
yang dimiliki;
b) Jejaring kerja, dengan tujuan mampu
membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan
berkolaborasi dengan orang lain secara efektif;
c) Sosial budaya, dengan tujuan mampu
beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas
beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya); d) Teknologi informasi dan
komunikasi, dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif
untuk meningkatkan kinerja; e) Profesionalisme, dengan tujuan mampu
melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.
Post a Comment