Perbedaan Teknologi digital dan Analog


Pengertian
Teknologi digital adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, atau manual tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

Teknologi analog adalah merupakan suatu bentuk perkembangan teknologi sebelum berkembangnya teknologi digital.Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual,dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja. Teknologi Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebut yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik.

Perbedaan teknologi digital dan teknologi analog
Sistem digital merupakan bentuk perkembangan dari sistem analog. Sebuah sistem digital menggunakan urutan angka untuk mewakili informasi, dan tidak seperti sinyal analog, sinyal digital bersifat noncontinuous. Secara garis besar, sistem digital memiliki kode dalam bentuk binary, yang besar atau kecil nilainya diukur oleh jumlah bit, atau yag disebut juga dengan bandwidht, karena jumlahnya (bit) akan berpengaruh pada akurasi daripada sistem yang berbasis digital. Contoh alat yang mengandalkan sistem digital antara lain :  MP3 Player, DVD Player, Kamera digital dan Internet.

Sinyal digital, analog, dan tentu saja peralatan yang berkaitan, pada umumya tidak saling kompatibel. Hal ini mengharuskan hubungan antara analog ke digital dan digital ke analog yang membutuhkan proses konversi. Ini akan membatu kita menggunakan peralatan yang berbasis analog dan digital dalam keseluruhan sistem komunikasi.

Perbedaan analog dan digital terdapat pada bagaimana penyimpanan data dan bagaimana proses penyebarannya. Dalam penyebarannya, analog disebarkan lewat gelombang elektromagnetik yang kontinu serta banyak dipengaruhi oleh noise atau derau. Sementara teknologi basis digital akan menyederhanakan datanya, sehingga data akan menjadi lebih mudah untuk disebarkan tanpa banyak mendapat pengaruh noise atau derau yag mengganggu kualitas data yang disebarkan.

Contoh yang mudah dapat kita lihat pada media musik yang biasa kita gunakan pada zaman dulu dan dibandingkan dengan media yang kita gunakan sekarang. Dulu kita menggunakan kaset dengan pita sebagai media untuk menyimpan musik agar kita dapat memutarnya kembali. Kaset pita merupakan teknologi analog. Lain dengan sekarang dimana kita lebih suka menyimpan musik dan mendengarkannya dari mp3 player, laptop, handphone, ipod, dan lain sebagainya, yang merupakan bentuk teknologi berbasis digital.

Ketika kita ingin menyalin suara yang terdapat pada kaset dengan pita, kualitasnya tentu akan sangat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari alat perekam yang digunakan, hingga dapat pula dipengaruhi oleh berapa kali kita menggandakan suara yang terdapat pada pita kaset tersebut. Semakin sering kita menggandakan, maka kualitas suara akan semakin buruk pula karena banyak noise yang mempengaruhinya. Berbeda halnya ketika kita ingin menggandakan data dari media digital, misalnya mp3 player, atau yang lainnya. Seberapa banyaknya kita menggandakan, maka tidak akan menjadi masalah karena sistem digital yang digunakan tidak sensitif terhadap derau. Sehingga hasil penggandaan tetap akan sama kualitasnya dengan data yang asli.

Ada beberapa kelebihan teknologi digital dibanding teknologi analog, diantaranya :
  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
  • Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.

Kelebihan informasi digital adalah kompresi dan kemudahan untuk ditransfer ke media elektronik lain. Kelebihan ini dimanfaatkan secara optimal oleh teknologi internet, misalnya dengan menaruhnya ke suatu website atau umumnya disebut dengan mengupload. Cara seperti ini disebut online di dunia cyber. System tranmisi digital menyediakan :1). Tingkat pengiriman informasi yang lebih tinggi, 2). Perpindahan informasi yang lebih banyak, 3). Peningkatan ekonomi, serta 4). Tingkat kesalahan yang lebih rendah dibanding sistem analog


Post a Comment

Previous Post Next Post