Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan K13 Revisi 2017

Dalam pelaksanaan Ujian Sekolah, wajib membuat Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai rujukan teknis dalam pelaksanaan Ujian Sekolah. Tujuan penyusunan POS untuk mengorganisasikan pelaksanaan Ujian Sekolah yang efektif dan profesional, mewujudkan pelayanan yang berkualitas, memuaskan, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Berikut dijelaskan kriteria kelulusan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional serta kriteria kelulusan dari Satuan Pendidikan.

1. Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Kelulusan US dan USBN ditentukan berdasarkan Nilai Ujian Sekolah (NUS). 
  2. NUS ditentukan berdasarkan batas minimal rata-rata semua mata pelajaran dan/atau batas minimal untuk setiap mata pelajaran yang diuji. Contoh : rata-rata semua mata pelajaran yang di-US-kan paling rendah 70 dan nilai US setiap mata pelajaran paling rendah 65.

2. Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
Peserta didik dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan setelah memenuhi kriteria:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
c. lulus ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional.

Berikut penjelasan mengenai ketiga kriteria tersebut:
  • Penyelesaian seluruh program pembelajaran untuk peserta didik SMA apabila telah menyelesaikan pembelajaran dari kelas X sampai dengan kelas XII. Untuk SMA yang menerapkan sistem kredit semester (SKS) apabila telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang dipersyaratkan;
  • Nilai sikap/perilaku minimal baik ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian sikap oleh pendidik.
  • Kriteria kelulusan peserta didik dari Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan perolehan nilai US dan USBN. Kelulusan peserta didik dari SMA ditetapkan oleh setiap Satuan Pendidikan yang bersangkutan melalui rapat dewan guru.
Sumber: Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA Tahun 2017

Post a Comment

Previous Post Next Post