Modul 1 PPG Fisika dalam Jabatan Hybrid Learning


Modul ini terdiri atas 4 kegiatan belajar, meliputi : 
(1) Besaran Satuan, Pengukuran, Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah; 
(2) Vektor dan Gerak Lurus;
(3) Gerak dalam Bidang Datar; dan 
(4) Hukum-hukum Newton .


Pada bagian 1, Anda tidak hanya mempelajari pengetahuan konseptual saja tetapi juga melatih keterampilan dalam menggunakan alat ukur, membaca hasil pengukuran, dan mencoba menyajikan hasil pengukuran pada suatu percobaan dalam bentuk grafik. Apakah Anda sudah mempunyai ide mengenai percobaan yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan itu? Baik. Ceritakan makna apa saja yang dapat dijelaskan dari grafik yang telah Anda buat itu? Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan kawan yang lain pada Forum Diskusi. Penyajian tentang hakikat Fisika dan prosedur ilmiah dalam modul ini memang tidak dibahas panjang lebar, tetapi hal ini perlu diinternalisasikan dengan baik agar muncul dalam sikap dan tindakan ketika Anda memecahkan masalah terutama yang berkaitan dengan percobaan Fisika. Jawablah soal soal yang terkait ini.
Pada bagian 2, Anda harus berusaha mendidik diri sendiri dengan menggambar vektor secara rapi dan disiplin. Siapkan secara baik perlengkapan tulisnya. Itu juga yang kelak harus selalu ditekankan kepada peserta didik untuk pembentukan dan penguatan karakter peserta didik Anda. Ikuti langkah demi langkah secara cermat. Diskusikan ketika menjumpai kesulitan.
Pada bagian 3, konsep tentang vektor yang sudah dipelajari selanjutnya akan diterapkan untuk menganalisis gerak pada bidang terutama gerak parabola. Jangan lupa selalu membuat gambar sketsa masalah terlebih dahulu sebelum memecahkan masalah! Buatlah diagram kinematika yaitu gambar vektor kecepatan dan percepatan pada lintasan gerak benda itu.
Pada bagian 4, Anda mempelajari fenomena fisika berdasarkan penyebabnya  yaitu gaya yang mempengaruhi keadaan benda. Jangan lupa selalu buat diagram gaya gaya dengan rapi ketika Anda memecahkan masalah dinamika gerak. Gunakan Forum Diskusi apabila Anda menemui kesulitan dan Cobalah mengerjakan soal soal yang disediakan hingga tuntas!

UNDUH MATERI

MODUL M1 KB2: VEKTOR DAN GERAK LURUS

Modul M1 KB3: GERAK DALAM BIDANG


(Sumber: http://ppg.spada.ristekdikti.go.id/course/view.php?id=530)







Post a Comment

Previous Post Next Post