Landasan Kerja dan Peranan Statistika


Pengertian Statistik dan Statistika. Di zaman yang modern dan serba maju seperti sekarang ini, banyak sekali keputusan dan kebijakan baik pemerintah, lembaga swasta maupun perorangan yang memerlukan statistik dan statistika. Sehingga statistik dan statistika ini menjadi sesuatu yang sangat berguna dan bermanfaat pada bidang-bidang tertentu. Namun sebelum lebih jauh melangkah, kita telusuri terlebih dahulu makna ataupun pengertian dari statistik dan statitika itu sendiri. Agar kita dapat membedakan arti dari statistik dengan statistika. Statistik merupakan kumpulan data-data atau fakta dalam suatu permasalahan dalam bentuk angka-angka(bilangan) maupun non bilangan yang dapat memberikan gambaran terhadap objek tersebut. Misalnya, statistik yang mengkaji tentang susunan pegawai di sebuah perusahan disebut statistik pegawai, statistik yang mengkaji tentang pertanian di daerah x disebut statistik pertanian, statistik yang mengkaji tentang pengangguran di Indonesia disebut statistik pengangguran. Statistik selain menyatakan kumpulan data, juga menyatakan suatu ukuran ( seperti persen ataupun rata-rata) sebagai wakil dari kumpulan data tentang hal-hal tertentu. Contoh statistik yang menyatakan ukuran sebagai berikut.

Contoh 1 : apabila kita mengamati upah 15 orang yang bekerja sebagai kuli bangunan setiap bulanya, misalkan setelah kita dihitung didapatkan rata-rata sebesar Rp 95.000,00. Berarti disini, yang dinamakan statistik adalah rata -rata sebesar Rp 95.000,00. Contoh 2: apabila kita meneliti jumlah mahasiswa Fakultas MIPA yang memperoleh beasiswa BBM tahun 2010, maka setelah dihitung, misalkan didapatkan bahwa hanya 50% yang mendapatkan beasiswa tersebut dari 46 mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa BBM. Jadi disini, 50% dinamakan statistik. Sedangkan statistika ini data atau fakta yang diperoleh melalui suatu proses. Pada mulanya statistika semata-mata hanya dikaitkan dengan pemaparan fakta-fakta dengan angka-angka atau gambar yang menyangkut situasi kependudukan dan perekonomian untuk mengambil keputusan politik di suatu Negara, Pada perkembangannya, makna statistika menjadi ilmu tentang sekumpulan konsep serta metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data serta menarik kesimpulan berdasar hasil analisis data tersebut.
Jadi, statistika merupakan suatu prosedur atau proses untuk mendapatkan fakta yang meliputi bagaimana caracara pengumpulan data, menyajikan data, mengolah data atau menganalisanya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. Proses pengumpulan data dapat kita lakukan : 1) dengan melakukan observasi langsung terhadap objek yang kita akan amati dan mencatat hasilnya untuk dianalisis, 2) dengan mengambil sekumpulan data yang telah dicatat oleh badan atau orang lain, 3) membuat daftar pertanyaan yang telah disusun dengan baik, kemudian memberikannya kepada seseorang yang berkaitan dengan objek yang kita teliti untuk diisi, 4) dengan membuat dokumentasi yaitu bisa dalam bentuk foto atau gambar. Sedangkan penyajian datanya, dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.

Peranan Statistika. Statistika mempunyai manfaat yang begitu besar di dalam bidang kehidupan. Keberadaan statistika ini, memang tidak bisa diabaikan begitu saja, karena memang banyak kebutuhan- kebutuhan manusia yang memerlukan statistika. Sebagai suatu ilmu pengetahuan, statistika memang banyak berperan di dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah, masyarakat, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam bidang penelitian.

Di dalam kehidupan pribadi, statistika dapat kita pergunakan misalnya untuk : a) Mengetahui pertumbuhan tinggi badan kita dari minggu ke minggu. Dengan statistika ini maka kita dapat mengetahui tingkat kenaikkan tinggi badan kita atau dapat mengetahui berapa centimeter badan kita mengalami kenaikkan dari minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga dan minggu seterusnya. b) Mengetahui berat badan seorang individu. Dengan statistika ini, maka seoarang individu dapat mengetahui berat badannya dari bulan januari sampai bulan desember di tahun yang bersangkutan. Sehingga individu ini, dapat melihat di bulan mana berat badannya bertambah dan di bulan mana berat badannya berkurang.
Di dalam kehidupan keluarga, statistika dapat dipergunakan : a) Untuk mengetahui pengeluaran uang keluarga di dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan statistika, kita dapat mengetahui, misalnya besarnya pengeluaran
rata-rata keluarga dalam seminggu. b) Untuk mengetahui besarnya pemasukan dari keluarga, misalnya pemasukan berasal dari hasil kebun cengkeh
yang dipanen setiap tahunnya. Dengan statistika ini, kita dapat mengetahui di tahun berapa pemasukannya meningkat dan di tahun berapa pemasukannya
mengalami penurunan. c) Untuk mengetahui besarnya pembayaran listrik tiap
bulannya. Dengan statistika, kita dapat memperoleh informasi seperti misalnya di bulan berapa kita membayar listrik paling tinggi.

Di kehidupan sekolah, statistika dapat dipergunakan diantaranya: a) Mengetahui data mengenai pembayaran SPP, misalnya di bulan apa siswasiswi yang belum membayar SPP tersebut. b) Dapat memberikan informasi bagi siswa,seperti mengenai nilai ujian akhir nasional. Dengan statistika, maka siswa dapat mengetahui nilai siapa yang paling tinggi dan nilai siapa yang paling rendah.
Di kehidupan masyarakat, statistika dapat dipergunakan diantaranya: a) Untuk mengetahui besarnya tagihan(peturunan) dari masyarakat, misalya dalam rangka perbaikkan tempat suci(pura). Dengan statistika, pegawai dapat mengetahui masyarakat yang belum melunasi tagihan tersebut.
Di kehidupan berbangsa dan bernegara, dipergunakan seperti : a) Statistika dapat digunakan dalam mengkaji pengeluaran dan juga pendapatan suatu Negara.(b) Statistika dapat digunakan untuk mengetahui program kerja presiden dan wakil presiden selama masa jabatannya.
Dalam bidang penelitian, seperti dalam pembuatan karya ilmiah, Statistika sangat diperlukan dalam pembahasan data yang didapatkan dalam penelitian. Sehingga kita dapat menarik suatu kesimpulan dari apa yang kita buat dalam penelitian ilmiah. Dalam bidang penelitian inilah statistika berfungsi sebagai metode, alat dan cara pengolahan data kuantitatif atau angka-angka yang tercakup dalam jenis penelitian tertentu. Sehingga tujuan dari melakukan penelitian tersebut dapat tercapai dengan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Disamping itu, statistika juga banyak berperan dalam bidang ilmu pengetahuan. Diantaranya statistika dapat digunakan sebagai alat : Komunikasi, disini statistika berperan sebagai penghubung antara beberapa pihak yang menghasilkan data statistik, sehingga dengan ini pihak lain dapat mengambil keputusan dari informasi yang telah diperoleh pada data satistik tersebut. Regresi, maksud dari statistika berperan sebagai alat regresi adalah bahwa statistika ini dapat meramalkan pengaruh data yang satu dengan data lainnya, sehingga dapat mengantisipasi gejala-gejala yang akan dating. Komparasi, maksudnya yaitu bahwa statistika ini dapat digunakan untuk membandingkan data dua kelompok atau lebih. Deskripsi, artinya statistika berperan dalam penyajian data dan mengilustrasikan data, misalnya mengukur hasil produksi. Korelasi, statistika berperan sebagai alat untuk mencari kuat atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian.


Post a Comment

Previous Post Next Post