Bagaimana bentuk lintasan planet-planet mengelilingi matahari? Apakah
planet planet dalam tata surya mengelilingi matahari dalam satu orbit?
Kemungkinan apa yang terjadi jika planet-planet mengelilingi matahari dalam
satu orbit? Pertanyaan -pertanyaan bisa dijawab dengan mempelajari hukum-hukum
Kepler. Johannes
Kepler
adalah salah satu ilmuwan yang berasal dari Jerman. Beliau seorang ahli
astronomi dan matematika. Sebagai seorang ahli
matematika, beliau condong mempelajari hal ini dalam cakupan matematik dimana
gejala-gejala keteraturan dideteksi dari lintasan dan periodenya. Dengan menggunakan hubungan matematika yang tepat antara periode planet
dan jarak rata-rata dari matahari, ia berhasil memberikan kesimpulan dalam
hukum-hukum tentang gerak planet yang kemudian dikenal dengan hukum Kepler.
Hukum I Kepler berbunyi:
Setiap planet bergerak mengitari Matahari dengan lintasan berbentuk
elips, Matahari berada pada salah satu titik fokusnya.
Elips
merupakan sebuah kurva tertutup sedemikian rupa sehingga jumlah
jarak pada sembarang titik P pada kurva dengan kedua titik yang
tetap (titik fokus) tetap konstan, sehingga jumlah jarak F1P + F2P tetap
sama untuk semua titik pada kurva.
Hukum II Kepler berbunyi:
Suatu garis khayal yang menghubungkan Matahari dengan planet menyapu
daerah yang luasnya sama dalam waktu yang sama.
Perhatikan Gambar 02. Apabila
Planet membutuhkan waktu yang sama untuk menempuh A – B dan C – D, maka
luas areal 1 akan sama dengan areal 2, begitu pula sebaliknya.
Dengan kata lain kita dapat menyatakan bahwa kecepatan angulernya konstan.
Karena planet selalu mematuhi hukum kepler, maka konsekuensi dari hukum kedua
kepler ini ialah kecepatan linear planet di setiap titik di orbitnya tidaklah
konstan, tetapi bergantung pada jarak planet. Contohnya planet akan bergerak
paling cepat saat dia ada di perihelium, dan akan bergerak paling lambat saat
dia ada di aphelium.
Hukum III Keplerberbunyi:
Perbandingan kuadrat periode planet mengitari Matahari terhadap pangkat
tiga jarak rata-rata planet ke Matahari adalah sama untuk semua planet.
Pengamatan Virtual Pratikum Hukum
Kepler
Kegiatan Pertama
Klik PlanetaryOrbit Simulator. Perhatikan
konfigurasi yang ada. Anda akanmendapatkan tab Kepler’s First Law, parameter planet
Merkurius yang membentuk lintasan sebuahelip dengan senimayor axis = 1 AU dan eccentricity = 0.4. pada kotak visualization option, centang show
solar system orbits dan label the solar system orbits, sehingga semua parameter planet bisa diamati
lintasannya. Lalu klik start animation. Bagaimana
bentuk lintasan planet merkurius?
........................................................................................................................
Pada kotak orbits setting, anda bisa mengamati lintasan planet venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, dan Uranus, lalu mengubah senimayor axis dan eccentricity seperti pada planet merkurius. Bagaimana bentuk lintasan planet venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, dan Uranus?
Pada kotak orbits setting, anda bisa mengamati lintasan planet venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, dan Uranus, lalu mengubah senimayor axis dan eccentricity seperti pada planet merkurius. Bagaimana bentuk lintasan planet venus, bumi, mars, Jupiter, saturnus, dan Uranus?
........................................................................................................................
Ubahlah nilai eccentricity menjadi nol. Bagaimana
bentuk lintasan planet?
........................................................................................................................
Ubahlah kembali nilai eccentricity agar semakin
membesar. Bagaimana bentuk lintasan planet?
........................................................................................................................
Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi bentuk lintasan?
........................................................................................................................
Berikan kesimpulan anda!
........................................................................................................................
........................................................................................................................
Kegiatan Kedua
Begeraklah ke tab Kepler’s
Second Law. Ubahlah eccentricity menjadi e = 0.6. Klik start animation untuk
membuat planet mulai bergerak. Apakah planet selalu bergerak
dengan kecepatan sama? .................................................................................
Bagaimana kecevatan planet ketika berada pada titik terdekat dari
matahari? ..............
................................ Bagaimana kecevatan planet ketika
berada pada titik terjauh dari matahari? .................................................................................................................
Cek kotak sweep
continuously. Klik tombol start sweeping. Bagaimana bentuk
luas segitiga yang terbentuk dalam waktu sama, ketika posisi planet
jauh dan dekat dengan matahari?
...............................................................................................................................................................................................................................................................
Apa yang terjadi terhadap
bentuk segitiga jika eccentricity diubah menjadi nol?
................................................................................................................................
Berikan kesimpulan anda!
................................................................................................................................................................................................................................................................
Kegiatan Ketiga
Klik Planetary Fact Sheet.
Lengkapilah data tabel berikut ini (bisa dengan bantuan Microsoft excel)
R adalah jarak planet dari matahari
T adalah Periode planet mengitari matahari (Periode orbit)
R adalah jarak planet dari matahari
T adalah Periode planet mengitari matahari (Periode orbit)
Bagaimana hasil T2/R3?
................................................................................................................................
Berikan
kesimpulan anda!
................................................................................................................................
Post a Comment