Download Panduan Program SMA Komprehensif


A. Pengertian SMA Komprehensif 
SMA Komprehensif merupakan sistem pembelajaran yang menggabungkan proses pembelajaran pengetahuan dan ketrampilan tambahan kepada para peserta didik SMA. Sistem ini merupakan kolaborasi antara kurikulum SMA dengan kurikulum sekolah vokasi.  SMA Komprehensif merupakan sekolah yang menyiapkan peserta didiknya untuk siap terjun di masyarakat dengan membekali pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Keterampilan yang dimiliki oleh setiap peserta didik yang nantinya akan bervariasi sesuai dengan kondisi sekolah, kebutuhan dunia usaha dan industri, serta potensi daerah. Sekolah yang akan menyelenggarakan sistem pembelajaran SMA Komprehensif, perlu melakukan analisis kondisi sekolah, mulai dari sumber daya manusia, sarana prasarana pendukung, sumber dana, dan kebutuhan DUDI serta kemampuan peserta didik sebagai sasaran dari program. Dengan menganalisis kondisi dan kebutuhan sekolah, maka sekolah dapat menetapkan ketrampilan apa saja yang akan diberikan kepada peserta didik dan sinerginya terhadap kebutuhan dunia kerja.


Konsep pembelajaran Penerapan program SMA komprehensif dapat menggunakan beberapa model. Beberapa Model yang dapat digunakan oleh sekolah harus memperhatikan hasil dari analisis SWOT. Adapun pelaksanaan proses pembelajaran dapat dilakukan di dalam sekolah maupun diluar sekolah, baik teori maupun praktek, di mana pelaksanananya akan didampingi oleh guru dan isntruktur dari lembaga patner. Proporsional proses pembelajaran antara teori dan praktek sebesar 30% teori dan 70% praktek.  Dalam teknis pelaksanaannya, sekolah dapat melakukan kerjasama dengan para stake holder yang kompeten dan legalitasnya telah diakui.

Model ini merupakan kombinasi pemberian pengalaman kerja di dunia usaha. Dalam sistem ini, sistem pembelajarannya terstruktur dan terpadu dengan praktek di dunia usaha/industri/lembaga tersertifikasi. Proses pembelajaran yang diterapkan 50:50 antara sekolah dan lembaga patner. Pengaturan jam antara teori dan praktek disepakati oleh kedua belah pihak

TUJUAN pembelajaran Penerapan program SMA komprehensif adalah a. Memberikan panduan kepada sekolah dalam mengelola dan menjalankan program SMA Komprehensif. b. Terwujudnya konsep Program Pendidikan Menengah SMA Komprehensif yang dapat diterapkan di sekolah sekolah sasaran. c. Tersusunnya perangkat kebijakan Program SMA Komprehensif dalam waktu secepatnya. d. Terealisasinya program SMA Komprehensif ke sekolah yang tingkat melanjutkan keperguruan tinggi rendah.




Post a Comment

Previous Post Next Post