Pemanasan Global dan Dampaknya


Tahukah kamu perubahan iklim yang terjadi saat ini diakibatkan karena pemanasan global? Apa itu pemanasan global? Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pemanasan global? Apa dampak yang akan terjadi akibat adanya pemanasan global? Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan manusia sebagai solusi dalam menanggulangi pemanasan global? Pemanasan global yang terjadi saat ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global adalah efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah suatu peristiwa terperangkapnya panas matahari di dalam bumi sehingga suhu bumi lebih panas dibandingkan suhu biasanya. Efek rumah kaca merupakan salah satu dampak yang juga disebabkan karena menipisnya lapisan ozon. Gas rumah kaca antara lain adalah Uap air, Karbon Dioksida, Metana, Nitrogen Oksida, Klorofluorokarbon (CFC).


KONSEP PEMANASAN GLOBAL
Pemanasan global (Global Warming) merupakan proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Terjadinya pemanasan global dapat dipengaruhi oleh adanya aktivitas manusia maupun aktivitas alam itu sendiri (alamiah). Aktivitas manusia yang diperkirakan berkontribusi pada kenaikan suhu bumi antara lain adalah aktivitas yang meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) maupun aktivitas yang mempercepat terjadinya penipisan lapisan ozon.

Untuk Video efek rumah kaca dan pemanasan global, bisa kalian tonton pada video dibawah ini. 

AKTIVITAS YANG DAPAT MENGHASILKAN GRK
(1). Aktivitas yang menghasilkan CO2 seperti kegiatan penggunaan bahan bakar kayu (biomass), batu bara, minyak bumi, dan gas alam oleh industri, kendaraan bermotor, dan rumah tangga serta pembakaran hutan. (2) Kegiatan yang menghasilkan gas CH4 seperti kegiatan industri yang menghasilkan bahan baku, kegiatan pembakaran biomass yang tidak sempurna, serta kegiatan penguraian oleh bakteri di tempat pembuangan akhir (TPA), ladang padi dan peternakan. (3) Kegiatan yang menghasilkan N2O hasil dari pemakaian pupuk nitrogen yang berlebihan di dalam usaha penanaman padi, aktivitas industri dengan menggunakan limbah padat sebagai bahan bakar alternatif dan penggunaan bahan bakar minyak bumi.

Faktor lain penyebab terjadinya kenaikan suhu muka bumi adalah akibat adanya penipisan lapisan ozon di atmosfer. Lapisan ozon sangat bermanfaat bagi perlindungan terhadap radiasi langsung dari sinar matahari ke permukaan bumi yang merugikan keberlangsungan dan kehidupan makhluk hidup di bumi. Keberadaan bahan perusak ozon dan kegiatan yang menghasilkan bahan perusak ozon (BPO) seperti : kegiatan industri pendingin udara (kulkas dan AC), pesawat terbang, katalisator proses industri, bahan pencegah kebakaran dan fumigasi yang menggunakan CFC atau freon, CTC (Carbon Tetrachloride) , TCA, Halon, Aerosol, Solvent dan Metil Bromida (CH 3Br)  merupakan ancaman yang cukup serius bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Dampak Pemanasan global 

Adapun dampak-dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global antara lain : Perubahan iklim tidak stabil, Permukaan air laut meningkat, Menurunnya persediaan air, Terjadi kekeringan, Terjadinya banjir, Mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan, Kabut asap atau smog meningkat, dan Jumlah fauna di hutan semakin berkurang.


(Sumber: https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id)




Post a Comment

Previous Post Next Post