Strategi Pembelajaran Konvensional

Strategi pembelajaran konvensional adalah strategi pembelajaran dengan guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran. Budiningsih (2005) mengemukakan beberapa karakteristik dari pembelajaran konvensional sebagai berikut. a. Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar. b. Siswa dipandang sebagai kertas kosong yang dapat digoresi oleh guru. c. Pembelajaran sangat taat pada kurikulum yang telah ditetapkan. d. Kegiatan kurikuler lebih banyak menggunakan buku teks dan buku kerja. e. Siswa-siswa biasanya bekerja secara independen, tanpa ada grup belajar. f. Penilaian hasil belajar dipandang sebagai bagian dari pembelajaran dan biasanya dilakukan pada akhir pelajaran dengan cara testing.


Busan dan Busan (1993) menyatakan dalam strategi pembelajaran konvensional memiliki tiga instruksi dasar yaitu: (1) mematuhi (obey), (2) kerjasama (cooperate), dan (3) diverge. Obey merupakan tahap pertama yang mengidentifikasikan siswa meniru gurunya dan melakukan klarifikasi jika diperlukan. Cooperate merupakan tahap kedua yaitu siswa sudah memiliki teknik dasar belajar, mulai melakukan konsolidasi dan menyatukan informasi dengan mengajukan pertanyaan. Pada tahap ini siswa membantu gurunya untuk menganalisis. Diverge merupakan tahap ketiga yaitu jika siswa sudah mempelajari semua yang diberikan gurunya maka siswa akan menghormati itu dan melanjutkannya sebagai proses perubahan mental.

Pembelajaran konvensional lebih mentitikberatkan pada proses mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswa yang cenderung membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran. Sadia (2004) menyatakan pada pembelajaran konvensional guru lebih memfokuskan diri pada upaya penuangan pengetahuan kepada siswa tanpa memperhatikan pengetahuan awal (prior knowledge) siswa. Pembelajaran konvensional yang dimaksud dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang pada umumnya digunakan di sekolah yang mengacu pada Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 yang mencakup tiga tahap, yaitu: pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Adapun langkah-langkah strategi
pembelajaran konvensional sebagai berikut (diadaptasi dari Wulandari, 2011).

Pendahuluan. (a) Guru melakukan apersepsi dengan bertanya pada siswa mengenai pengetahuan siswa terkait dengan materi pembelajaran. (b). Guru memotivasi siswa bahwa materi ini sangat berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. (c). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti (a). Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari dengan metode ceramah. (b). Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan apa yang telah dibacannya dari berbagai buku sumber dengan metode tanya jawab. (c). Guru memberikan contoh soal yang berhubungan dengan materi yang telah dipelajari. (d). Siswa diberi waktu untuk mencatat penjelasan contoh soal yang telah diberikan. (e). Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah dipelajari. (f). Guru memberikan latihan soal pemecahan masalah fisika dan masing-masing siswa mengerjakan latihan soal tersebut. (g). Guru berkeliling kelas untuk membantu siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal latihan.
Penutup (a). Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. (b). Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pembelajaran. (c). Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya. (d). Guru mengucapkan salam.

Rujukan
Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Buzan, T. & Buzan, B. 1993. The mind map book: How to us radiant thingking to maximise your brain’s untapped potential. London: BBC Books.

Sadia, I W. 2004. Efektivitas model konflik kognitif dan model siklus belajar untuk memperbaiki miskonsepsi siswa dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 37(3). 40-85.


Wulandari, D. R. 2011. Pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Full Download: PDF

Post a Comment

Previous Post Next Post