Perpindahan Kalor Secara Radiasi

Radiasi adalah perpindahan panas tanpa melalui perantara. Setiap benda mengeluarkan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Laju radiasi dari permukaan suatu benda berbanding lurus dengan luas penampang, berbanding lurus dengan pangkat empat suhu mutlaknya, dan bergantung pada sifat permukaan benda tersebut. Secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut.


Faktor disebut emisivitas bahan, merupakan bilangan antara 0 sampai 1 yang bergantung pada karakteristik materi. Permukaan yang sangat hitam, seperti arang mempunyai emisivitas yang mendekati 1, sedangkan bahan yang permukaannya mengkilat mempunyai yang mendekati nol sehingga memancarkan radiasi yang lebih kecil.
Salah satu contoh peristiwa radiasi adalah  Radiasi panas dari tungku perapian. seperti pada gambar berikut.

Di daerah berhawa dingin, biasanya di negra yang mengenal musim dingin (salju), penduduk memiliki tungku perapian untuk menghangatkan diri di saat dingin. Orang-orang hanya perlu berada di dekat tungku perapian yang menyala untuk bisa merasakan udara hangat. Jadi, mereka tak perlu menempatkan diri di dalam asap perapian atau menggunakan logam yang di bakar untuk merasakan hangatnya perapian. Mereka hanya cukup mendekat saja dan radiasi elektromagnetik dari api (yang tak mereka lihat) akan menghantarkan hangatnya api ke tubuh mereka.

Post a Comment

Previous Post Next Post