Lab Maya Hukum Ohm (SMP)


Hukum Ohm menjelaskan bagaimana beda potensial atau tegangan dari sebuah sumber arus, kuat arus listrik, dan resistensi suatu rangkaian saling terkait.Hukum Ohm menyatakan: jika tegangan pada suatu rangkaian dinaikkan, arus dalam rangkaian akan naik; dan jika tegangan diturunkan, arus akan turun. Contoh, jika tegangan diduakalikan, arus akan menjadi dua kali.Rumus untuk kuat arus listrik Menggunakan hukum Ohm, kuat arus listrik dalam suatu rangkaian dapat ditentukan dengan persamaan I = V / R.Dimana I menyatakan kuat arus, V menyatakan tegangan, dan R menyatakan resistensi atau hambatan.Untuk resistensi yang tetap, jika tegangan yang diberikan ke rangkaian dinaikkan, arus akan naik; dan jika tegangan diturunkan arus akan turun.Untuk tegangan yang tetap, jika resistensi dalam rangkaian dinaikkan, arus akan turun; dan jika resitensi diturunkan, arus akan naik.

Praktikum ini ditujukan untuk menguji perubahan dan hubungan tegangan, arus, dan hambatan listrik yang dapat saling mempengaruhi berdasarkan Hukum Ohm dalam sebuah rangkaian listrik sederhana. Perubahan ini dapat dilakukan dengan mengubah besaran sumber tegangan dan hambatan listrik.

Persiapan

Buka Virtual Lab Hukum Ohm DISINI

Langkah Praktikum

1. Pertama-tama,pastikan sumber bertegangan (baterai) telah aktif dan terpasang.
2. Ubah tegangan  listrik menjadi 1.5V dan amati perubahan  pada voltmeter.
3. Ubah hambatan listrik menjadi 20 Ω dan amati perubahan yang terjadi pada resistor.
4. Amati berapa besaran arus listrik padaa mperemeter.
5. Catat perubahan-perubahan tersebut.
6. Ulangi percobaan dengan mengubah besaran tegangan dan hambatan listrik 
7. Jawab pertanyaan mengenai Hukum Ohm dan cek jawabannya.

Pertanyaan

1. Apaitu tegangan listrik?
2. Apa itu hambatan listrik?
3. Apa itu arus listrik?
4. Jelaskan bagaimana hubungan antara tegangan, arus, dan hambatan listrik!
5. Jika besar hambatan listrik pada resistor tetap dan besar tegangan listrik pada baterai diubah-ubah apa yang terjadi? Jelaskan mengapa!
6. Jika besar sumber tegangan listrik pada baterai tetap dan besar hambatan listrik pada resistor diubah-ubah apa yang terjadi? Jelaskan mengapa!

Kesimpulan

Berikan kesimpulan berdasarkan hasil percobaan Hukum Ohm.

(Sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id)


Post a Comment

Previous Post Next Post