Riwayat Einstien


Albert Einstin lahir di sebuah kota kecil di Jerman Selatan yang bernama Ulm pada tanggal 14 maret 1879. Einstien lahir saat ibunya berumur 21 tahun dan ayahnya bernama Herman Einstien.Setelah usaha barang-barang perlistrikan ayahnya bangkrut, keluarga Einstien berpindah ke daerah pinggiran kota Munich. Dimana keluarganya tinggal bersama saudara ayahnya yang bernama Jakob. Kemudian ayah Einsien bersama Jakob mendirikan sebuah usaha kecil di bidang elektrokimia. Einstin merupakan seorang anak yang sangat senang berkhayal. Ketika Einstin berumur 12 tahun tepat pada tahun 1891, ia bertemu dengan Max Talmey, yang merupakan mahasiswa kedokteran. Mak selalu memberikan dorongan agar Einstin mau membaca buku kedokteran dan biologi. Akan tetapi Einstin tidak tertarik pada hal itu dan ia lebih tertarik untuk memahami gagasan yang kompleks dan mencari prinsip-prinsip yang mendasari.

Pada tahun 1894, usaha keluarga Einstien mengalami bangkrut dan keluarganya pindah ke Italia. Namun Eienstien tetap tinggal di rumah indekos di Munich untuk menyelesaikan diplomanya di Luitpold Gymnasium. Namun setelah enam bulan ia mengalami gagal mental, sehingga ia dikeluarkan dari gymnasium. Kemudian Albert menikmati tahun-tahun berikutnya di italia untuk menulis hubungan kelistrikan, kemagnetan, dan eter. Ayahnya menginginkan agar  Einstien memilih jurusan teknik, namun ia sama sekali tidak menyukai hal itu. Akan tetapi, setelah ayah Einstien mengakui keengganan putranya untuk bergabung dalam bisnis keluarga, akhirnya ayah Eisntien mengirim Albert  di luar kota Zurich serta mengizinkan untuk mengambil jurusan fisika.
Pada tahun 1900, Albert Einstin lulus dari Zurich Poltehnic dan menjadi warga Negara Swiss. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, ia menjadi pengajar sementara di sekolah teknik di Winterthur. Pada awal tahun 1902, ia pergi ke Berne setelah memastikan ada lowongan di kantor urusan paten. Dan ia pun bertugas sebagai penguji teknis. Pada tanggal 3 januari 1903, Einstin menikah dengan Mileva dan menghasilkan putra pertamanya Hans Albert pada tahun 1904.
Pada tahun 1905, Einstin menerbitkan empat karya ilmih yaitu 1) mengenai hakikat cahaya yang bersifat dualisme (sebagai gelombang dan partikel), 2) mengenai metode menentukan ukuran suatu molekul gula, 3) karya ilmiah tentang cairang keruh, 4) relativitas. Pada tahun 1906, ia menyatakan bahwa ada hubungan antara massa, energy dan kecevatan cahaya dan kemudian ia rangkum dalam rumus E = mc2. Selanjutnya pada tahun 1907, ia menemukan suatu cara untuk menggabungkan gravitasi ke dalam relativitas .
Tahun 1909 Einstien kembali ke Zurich dan menjadi asisten professor dan pada tahun 1911 ia menjadi ditawari menjadi dosen tetap di german University. Sekitar tahun 1914, Eienstien telah menjadi direktur bagian fisika pada Kaisar Wilhelm Institute di Berlin. Pada bulan maret 1916. Ia kembali menerbitkan karya ilmiahnya mengenai teori relativitas umum. Menurut teorinya ini, bahwa cahaya dari bintang yang jauh pasti dibelokkan pada saat melintasi medan gravitasi matahari yang kuat.
Pada tahun 1919, Einstien bercerai dengan Mileva dan menikah dengan sepupunya, Elsa Lowenthal. Teori relativitas Einstin yang mula-mula diragukan banyak kalangan, sudah terbukti kebenarannya dan membuat ia sangat terkenal. Sehingga pada tahun 1921 ia mendapat Nobel untuk ilmu fisika. Namun pada tahun 1933, ia mendapat ancaman pembunuhan oleh Nazi, sehingga ia melarikan diri ke Amerika. Di Amerika, Eienstien mendapat jabatan tetap di Institute for advanced Study di Princeton. Einstien semakin menarik diri saja dari dunia luar untuk bergulat dengan perhitungan yang belum jelas setelah istrinya Elsa meninggal dunia pada tahun 1936.
Pada tahun 1939, Niel born yng merupakan ahli fisika berkebangsaan Denmark menghubungi Einstien untuk mengatakan bahwa rumusnya E = mc2 sudah dibuktikan oleh para ilmuan jerman dengan membelah atom yang mampu menghasilkan energy yang sangat besar. Mendenganr hal itu, maka Einstin mem memperingatkan Presiden Amerika Serikat Roosevelt dengan mengirimkan surat. Dengan rumus Einstin tersebutlah, akhirnya presiden Amerika serikat membuat bom atom dan meledakkannya pertama kali di Jepang yaitu di kota Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945. Setelah mengetahui hal itu,kemudian Einstin melakukan tindakan kampanye ke suluruh dunia untuk menentang penggunanan senjata nuklir. Karena kampanyenya tersebut, pada tahun 1946 ia digelari makhluk konyol. Namun Einstin telah menjadi seorang keturunan yahudi yang terkenal didunia. Pada tahun 1952 ia ditawari untuk menjadi presiden di Israel, akan tetapi ia menolak jabantan presiden tersebut.
Eienstin kembali melanjutkan karyanya tentang teori medan tunggal dan mempublikasikan versi barunya pada tahun 1950. Namun karyanya ini memperoleh hasil yang mengecewakan dan mengalami kegagalan untuk menyusun teori medan tunggal. Karena kegagalan tersebut, Einstin pun semakin lelah dan pada tahun 1955 ia pun pernah pingsan pada umur ke - 76 tahun. Setelah empat hari kemudian, tepat tanggal 18 april 1955, Albert Einstin menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Princeton.

Post a Comment

Previous Post Next Post