Makalah Gelombang Optik


Mengapa pada malam hari bunyi petir terdengar lebih keras daripada siang hari? Pada siang hari, udara pada lapisan atas lebih dingin daripada lapisan bawah. Cepat rambat bunyi pada suhu dingin adalah lebih kecil daripada suhu panas. Dengan demikian, kecepatan bunyi pada lapisan udara atas lebih kecil daripada kecepatan bunyi pada lapisan udara bawah, karena medium pada lapisan atas lebih rapat dari medium pada lapisan bawah. Jadi, pada siang hari, bunyi petir yang merambat dari lapisan udara atas menuju ke lapisan udara bawah akan dibiaskan menjauhi garis normal ( gambar 1a ). sedangkan Pada malam hari, terjadi kondisi sebaliknya, udara pada lapisan bawah (dekat tanah) lebih dingin daripada udara pada lapisan atas. Dengan demikian, kecepatan bunyi pada lapisan bawah lebih kecil daripada lapisan atas, karena medium pada lapisan atas kurang rapat dari medium pada lapisan bawah. Jadi, pada malam hari, bunyi petir yang merambat dari lapisan udara atas menuju ke lapisan udara bawah (mediumnya lebih rapat) akan dibiaskan mendekati garis normal ( gambar 1b ). Pembiasan bunyi petir mendekati garis normal pada malam hari inilah yang menyebabkan bunyi guntur lebih mendekat kerumah Anda, dan sebagai akibatnya Anda mendengar bunyi petir yang lebih keras.


Gelombang didefinisikan sebagai getaran atau gangguan yang merambat dari suatu lokasi ke lokasi lainnya. Bunyi yang termasuk gelombang, sehingga bunyi juga mempunyai  sifat-sifat gelombang, misalnya dapat mengalami superposisi, pemantulan, transimi dan sifat gelombang yang lainnya. Gelombang bunyi timbul akibat bergetarnya suatu benda, yang kemudian getarannya merambat dalam medium dari suatu lokasi menuju lokasi lainnya. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat dapat merambat melalui medium, misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. 

Medium tempat bunyi merambat akan memindahkan energi getar dengan arah sejajar atau paralel dengan arah rambat gelombang Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yang bergetar maju-mundur. Tiap saat, molekul-molekul itu berdesakan di beberapa tempat, sehingga menghasilkan wilayah tekanan tinggi, tapi di tempat lain merenggang, sehingga menghasilkan wilayah tekanan rendah. Gelombang bertekanan tinggi dan rendah secara bergantian bergerak di udara, menyebar dari sumber bunyi. Gelombang bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia,Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal. Berdasarkan uraian diatas maka kami akan mengkaji dalam makalah ini menganai pemantulan dan transmisi gelombang pada batas medium, superposisi linier gerak gelombang yang terdiri dari superposisi gelombang harmonik berfrekuensi sama dan berfrekuensi berbeda serta membahas mengenai terjadinya efek doppler yang terjadi akibat adanya perbedaan frekunsi yang didengar oleh pengamat dengan frekuensi yang dipancarkan oleh sumber. Makalah selengkapnya download dalam bentuk PDF

Post a Comment

Previous Post Next Post