Hasil Percobaan Muai Linier


Pada umumnya zat padat, cair,dan gas jika mengalami perubahan suhu, keadaan fisis benda tersebut akan berubah. seperti pada zat padat jika suhunya berubah maka panjangnya akan berubah, sedangkan zat cair suhunya berubah adalah volumenya, pada gas suhunya berubah maka volume atau tekanannya. Benda yang mengalami perubahan bentuk fisika berupa pertambahan panjang, luas atau volume disebut mengalami pemuaian Pemuaian Zat Padat Materi/zat pada umunya memuai jika dipanaskan dan mengkerut jika didinginkan. Zat padat mengalami tiga jenis pemuaian jika suhunya naik, yaitu muai panjang, luas, dan volume.

Adapun langkah kerja dalam percobaan ini yaitu (1) Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan pratikum. (2) Mengukur L, yaitu panjang dari pipa logam yang akan dicari koefisien muai liniernya (tembaga dan aluminium). Mengukurnya dari pinggiran dalam kancing pada salah satu ujung sampai pinggiran dalam kaitan pada ujung yang lain. ( perhatikan gambar di bawah ini)
(3) Meletakkan pipa logam tembaga yang akan dicari muai liniernya pada landasannya. Salah satu ujungnya dijepit pada tempat yang tersedia dan kaitan pada ujung yang lain menekan lengan spiral dari alat ukur Dial Gauge. (4) Meletakkan temometer di tengah-tengah pipa tembaga, seperti pada gambar diatas. Kemudian mengukur suhu awal pipa tembaga ( suhu kamar).

Untuk Langkah percobaan, hasil, pembahasan dan kesimpulan dari percobaan muai linier, silakan download dalam bentuk PDF


Post a Comment

Previous Post Next Post